Laut Transportasi

Peringati HUT Ke-33, PPAL Rajut Solidaritas Persaudaraan dan Dukung Tugas TNI AL

INTRA – Persatuan Purnawirawan TNI AL (PPAL) memperingati HUT ke-33, di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (4/9/2019). Acara hari lahir PPAL tersebut berlangsung sukses dan meriah.

Ketua PPAL Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi menyebut bahwa momentum hari jadi tersebut dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan bukan sekadar seremonial belaka.

Pasalnya, lanjut Ketua PPAL, acara tersebut sebagai sarana instrospeksi, eksplorasi serta evaluasi atas semua kegiatan dan aktivitas organisasi dalam hubungannya dengan visi dan misi PPAL yang telah ditetapkan.

Ketua PPAL Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi bersama Ibu Endah Ade Supandi memotong tumpeng dalam acara HUT PPAL ke-33.

Terlebih lagi, momentum ini menjadi bagian dari merajut kembali solidaritas PPAL usai menempuh suasana dan dinamika pada tahun politik 2019 lalu. Dengan tema merajut solidaritas persaudaraan dan kesatuan yang diusung, PPAL terus berkomitmen untuk mendukung tugas TNI AL dan pembangunan maritim Indonesia.

“Misi PPAL untuk membantu kesejahteraan warga PPAL, dihadapkan pada kondisi alamiah para purnawirawan, semakin lanjut maka akan semakin menurun kondisi fisik, namun semangat hidup tetap tinggi. Sehingga peningkatan kualitas kesehatan membuat sebagian dari mereka tetap memiliki nilai produktivitas yang tinggi,” ucap Ketua PPAL dalam sambutannya.

Oleh sebab itu, lanjut ketua PPAL, PPAL perlu mengupayakan berbagai kegiatan yang memiliki produktivitas yang berbentuk usaha kecil dengan membantu menyiapkan model kerja (Bektram) yang sesuai bagi warga lanjut usia agar martabat dan kesejahteraan mereka terjaga.

Seluruh tamu undangan di acara HUT PPAL Ke-33

“Sejalan dengan perkembangan organisasi TNI Angkatan Laut, maka kita sadari bahwa jumlah purnawirawan juga akan makin bertambah dibandingkan masa-masa sebelumnya, sehingga para purnawirawan membutuhkan wadah atau sarana untuk mewujudkan visi dan misi PPAL khususnya di daerah,” ucap Ketua PPAL.

Lebih lanjut, Kasal periode 2015-2018 itu menyatakan dalam upaya memelihara tradisi dan semangat kemerdekaan, soliditas dan mempererat persatuan dan kesatuan anak bangsa, maka PPAL setiap tahunnya memanfaatkan momentum HUT Kemerdekaan lewat menggelar upacara peringatan detik-detik kemerdekaan Indonesia dengan tabur bunga di laut menggunakan KRI.

Adapun kegiatan tersebut mendapatkan antusias dan kejuangan yang tinggi dari para bahariawan dan persatuan purnawirawan dari angkatan lain. “Sehingga PPAL mengajukan kegiatan ini untuk diprogramkan juga oleh TNI AL dengan menyiapkan KRI LPD sebagai upaya memelihara semangat perjuangan dan persatuan bangsa,” tutur nya.

Seluruh tamu undangan di acara HUT PPAL Ke-33

Selain itu, PPAL juga terus berkontribusi dalam memberikan pemikiran untuk kemajuan TNI AL dan kemaritiman Indonesia. Ade Supandi menyebutkan langkah-langkah yang dilakukan oleh PPAL antara lain dengan menggelar seminar dan forum group discussion yang membahas beragam isu kemaritiman.

“Produk akhirnya dibukukan dengan judul Maritime Review yang diterbitkan setahun sekali, juga secara berkala menerbitkan Majalah Jalasena untuk menyampaikan tulisan atau warta perkembangan kemajuan di bidang keangkatan lautan dan kemaritiman,” bebernya.

Ketua PPAL lebih lanjut menyampaikan, bahwa PPAL turut berperan dalam membangun mental dan naluri serta kecintaan generasi muda pada laut. Sehingga perlu pemanfaatan KRI Dewaruci dan Arung Samudra untuk upaya pembinaan tersebut.

“Bersama PPAL kita memformulasikan bentuk aktivitas pemanfaatan KRI Dewaruci tersebut,” tukas nya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adjie mengatakan, membangun tali silaturahmi merupakan kunci utama dalam mewujudkan soliditas di keluarga besar TNI Angkatan Laut.

Oleh karenanya untuk mencapai tingkat kekuatan TNI AL sesuai dengan konsep Operational Ready Force, yang diproyeksikan agar terealisasi pada momentum 100 tahun Indonesia emas diiperlukan kekuatan tekad, daya dan upaya, inovasi serta konsistensi yang teguh dari semua elemen.

“Baik prajurit aktif, maupun dukungan para purnawirawan TNI Angkatan Laut, agar niat yang mulia dan tulus mengibarkan bendera kewajiban dan bendera kejayaan TNI Angkatan Laut dapat terwujud,” tegas Laksamana TNI Siwi.

Lebih jauh, Laksamana TNI Siwi juga menjelaskan, resepsi HUT PPAL kali ini sangat tepat bagi semua elemen TNI AL sebagai sebuah kesatuan keluarga besar dan insan Jalasena. Hal itu tentunya untuk menyamakan visi pembangunan kekuatan TNI AL yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Hal ini merupakan bentuk pengabdian terbaik prajurit matra laut dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maritim yang besar dan kuat”, pungkas Kasal Siwi.

Penulis : Enjang Sofyan
Foto : Enjang/INTRA

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *