Panorama Pariwisata

Crystal Bay, Pantai Kecil yang Tersembunyi

INTRA – Kurang lebih 15 km dari pelabuhan Nusa Penida atau kurang lebih 20 menit untuk sampai kelokasi pantai berpasir putih ini. Crystal Bay menyimpan keindahan yang sangat menawan dan terkenal dengan lautnya yang tenang dan bening. Tempat init elah menjadi objek wisata dunia, surganya penggemar snorkeling dan scuba diving.

Selain memiliki air sebening Kristal, tempat ini juga memili alam laut yang mengagumkan. Terumbu karang yang menjadi rumah untuk berbagai jenis ikan berwarna-warni ataupun binatang laut lainnya menjadi surge bagi para wisatawan macanegara maupun lokal.

Untuk menuju lokasi Crystal Bay Beach yang exotic itu para wisatawan bisa naik kapal melalui dermaga penyeberangan Sanur atau Tanjung Benoa selama 30 menit sampai ke dermaga pelabuhan Nusa Penida. Dari dermaga pelabuhan Nusa Penida kurang lebih 20 menit untuk sampai keloasi dengan menggunakan mobil.

Fasilitas jalan menuju Pantai Penida tergolong sangat bagus, pemerintah kabupaten klungkung telah memperbaiki jalan menuju pantai ini untuk kelancaran akses pariwisata dan juga perumahan penduduk. Jadi wisatawan tidak usah kwatir jika akan berkunjung ke lokasi wisata pantai ini.

Sebagian besar wisatawan mengenal pantai ini dengan sebutan Crystal Bay, hal ini karena kejernihan air laut di pantai ini yang seperti crystal. Dengan snorkeling saja wisatawan sudah dapat menikmati keindahan terumbu karang dan keanekaragaman ikan laut di sekitar crystal bay.

Untuk snorkeling, disekitar pantai sudah tersedia penyewaan alat snorkeling dan juga pemandu. Jadi wisatawan akan merasa nyaman dan aman selama bersnokeling di perairan crystal bay. Jika anda pecinta sunset atau penikmat matahari terbenam, crystal bay merupakan tempat yang tepat, keindahan sunset sangat mempesona dilokasi ini.

Sebagian besar wisatawan meminta pemandu wisata mereka untuk menjadikan crystal bay sebagai spot terakhir atau spot sore. Hal ini dikarenakan wisatawan menantikan keindahan sunset sambil beristirahat setelah seharian keliling Nusa Penida.

Pantai crystal bay berpasir putih, disekitar pantai terdapat tebing hijau. Jika ditelisik sebenarnya crystal bay seperti pantai kecil yang tersembunyi. Di tengah laut terdapat sebuah batu karang besar yang diatasnya ditumbuhi tumbuhan hijau.

Selain itu juga terdapat pelinggih atau tempat sembahyang bagi umat hindu diatas batu karang tersebut. Selain itu diujung pantai bagian selatan terdapat sumber mata air yangdimanfaatkan masyarakat Nusa Penida sebaga sumber air bersih melalui pengelolaan PDAM.

Penulis : Alan
Foto : Ist

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *