Redaksi

Terima Kasih Pak Basuki

Kinerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, terbilang luar biasa. Hanya dalam 4,5 tahun, mereka mampu membangun antara lain; 191.000 km jalan pedesaan yang kini dinikmati 74.957 desa, membangun 4.119 km jalan nasional, 10 bandara, 19 pelabuhan, 29 bendungan, mengoperasikan 39 ruas tol baru dan 160.000 hektar layanan irigasi.

Apresiasi pun diberikan Ikatan Ahli Manajemen Proyek Indonesia (IAMPI) dan Lembaga Kajian Nusantara (LKN), akhir April lalu, sebagai
Kementerian Terbaik 2019. Sebuah penghargaan atas dedikasi menjalankan program dan capaian pembangunan infrastruktur yang tepat waktu dan tepat mutu, guna mendukung pertumbuhan
dan pemerataan ekonomi menuju Indonesia maju.

Menghadirkan Basuki Hadimuljono sebagai cover Majalah INTRA edisi ke VII, dengan ulasan kinerja Kementerian PUPR dalam INTRA UTAMA, merupakan apresiasi yang dapat kami berikan. Rasa bangga dan terima
kasih kami sampaikan kepada Bapak Infrastruktur Indonesia. Legacy yang Pak Bas usahakan, tentu sangat berarti bagi wajah Indonesia di masa mendatang.

Apresiasi juga kami berikan kepada Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, yang secara terus-menerus melakukan langkah persiapan dan perbaikan dalam menyambut Mudik Lebaran. Uraian pelbagai kesiapan moda transportasi, kami kemas dalam INTRA KHUSUS.

Mengulas infrastruktur bangsa, mengantar kami pada sebuah buku, “The Economic Development of South Korea,” karya Seung-hun Chun. Buku yang berkisah tampilnya Korea Selatan menjadi negara maju di Asia Timur karena mereka mempersiapkan infrastruktur transportasi.

Terbetik satu kisah. Pada masa kepemimpinan Presiden Park Chung-hee, mereka bertekad untuk merealisasikan proyek rel kereta api yang dikerjakan antara tahun 1962-1966. Namun sayangnya, anggaran negara harus digerus hingga 65%. Rakyat Korea yang (saat itu) miskin angkat suara. Mereka protes dan menghujat pemimpinnya. Kemelut politik itu akhirnya membuat Park terbunuh di tahun 1979. Ia tewas ditembak.

Waktu bergulir, pembangunan rel kereta yang menghubungkan enam kota besar tersebut justru menjadi salah satu modal bangkitnya perekonomian
Korea. Seperti kata Pak Bas, “If you build infrastructure, you build a nation,” dan kami percaya. Terima kasih Pak Basuki.

Pemimpin Redaksi
Masade

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *