Transportasi Udara

Ingat, Citilink dan Jet Star Akan Pindah ke Terminal 2F Bandara Soetta

INTRA – Operasional maskapai penerbangan Low Cost Carrier (LCC) yakni Citilink Indonesia rute Internasional dan Jetstar Asia (3K) akan berpindah ke Terminal 2F (Low Cost Carrier Terminal /LCCT) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Citilink rute Internasional yang saat ini berada di Terminal 3 akan berpindah operasional mulai 14 Mei 2019 mendatang.  Sedangkan Jetstar Asia yang saat ini juga berada di Terminal 3, akan pindah keesokan harinya pada 15 Mei 2019.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang mengatakan, para pengguna jasa disarankan untuk datang di bandara setidaknya dua jam sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi salah terminal.

“PT Angkasa Pura II (Persero) akan membantu pengguna jasa dengan menerjunkan bus, bagi para pengguna jasa yang salah terminal. Selain itu dari airlines juga akan memberikan informasi kepada para penumpang,” tutur Febri, Kamis (9/5/2019).

Dengan demikian perpindahan dua maskapai tersebut sesuai dengan tujuan pemerintah melalui PT Angkasa Pura II (Persero) untuk membuat Bandara Internasional Soekarno-Hatta semakin dapat bersaing dengan bandara berkelas lainnya dengan menjadikannya sebagai low-cost carrier terminal (LCCT) mulai 1 Mei 2019 lalu.

Untuk diketahui, dibukanya Terminal 2F menjadi LCCT juga disambut gembira oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Terlebih dari sisi fasilitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta semakin berkelas.

Sejak Terminal 2F diberlakukan LCCT pengelola Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II membebaskan pengguna jasa atau pengantar penumpang untuk masuk area Terminal 2D dan 2E sebelum area Security Check Point/ pemerkisaan kedua.  Sedangkan di Terminal 2F, pengantar hanya bisa sampai sebelum imigrasi. Namun, pengunjung dapat mengantar sampai ke check-in area atau sebelum pemeriksaan imirasi.

“Konsepnya sama seperti di Terminal 3,” jelas Febri.  Seperti diketahui, Selama ini pengunjung atau pengantar penumpang hanya bisa masuk sampai curbside (selasar/teras) Terminal 2 atau sebelum masuk Security Check Point/pemeriksaan pertama.

Menurut Febri, kebijakan baru ini diterapkan terkait dengan konsep baru Terminal 2 yang sedang direvitalisasi.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan bandara tersibuk di Tanah Air sekaligus pintu masuk paling utama Indonesia. Setiap tahunnya, jumlah penumpang di Soekarno-Hatta berkisar 65-70 juta penumpang.

Guna mendukung bergeliatnya pariwisata di Indonesia,  Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melengkapi Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan low-cost carrier terminal (LCCT).

Dengan adanya LCCT, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melengkapi dan meningkatkan konektivitas dan memperluas keterjangkauan  perjalanan berwisata ke pulau-pulau indah yang ada di Indonesia.

Penulis : Adityo Nugroho
Foto : Istimewa

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *