Darat Transportasi

Menhub Himbau Seluruh Stakeholder Pelayaran di Palembang Kompak Jaga Zero Accident

INTRA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta seluruh stakeholder pelayaran di Palembang dan sekitarnya kompak dan komitmen dalam menjaga keselamatan pelayaran (zero accident).

“Memang keselamatan itu suatu keharusan dari transportasi, makanya saya dalam keseharian dan tiap tatap muka saya minta kepada stakeholder untuk berkomitmen dulu tentang keselamatan karena stakeholder lah yang merencanakan, yang mengeksekusi dan yang menjalankan,” kata Menhub di Pelabuhan Boom Baru, Palembang, Rabu (10/4/2019).

Menhub meminta kepada para stakeholder pelayaran untuk melakukan perencanaan secara lebih sistematis dan pengawasan secara sungguh-sungguh agar tidak ada kecelakaan transportasi (zero accident).

“Oleh karenanya ini tadi ada deklarasi, dan saya senang sekali, karena ini menunjukkan komitmen mereka. Jadi kalau merencanakan yang berkeselamatan jangan asal, itu yang saya minta disitu,” ujarnya.

Menhub juga meminta kepada Otoritas Pelabuhan, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub untuk melakukan pengawasan dengan rutin melaksanakan kegiatan uji petik atau uji kelaikan kapal.

“Karena itu selain harus mengutamakan safety menggunakan life jacket, kecepatan diatur, jadi kapal-kapal itu juga harus di uji petik, tidak bisa kapal-kapal sembarangan beroperasi,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari Ditjen Perhubungan Laut, beberapa kecelakaan terjadi di perairan Sungai Musi dengan korban harta benda dan jiwa yang tidak sedikit. Hal tersebut yang menjadi alasan utama kegiatan sosialisasi ini diadakan. 

Harapannya adalah agar seluruh pihak memiliki kesadaran, dan meningkatkan kewaspadaan bersama tentang budaya keselamatan bagi para regulator, operator, dan masyarakat pengguna jasa transportasi perairan, khususnya di Sumatera Selatan ini, sehingga dapat menekan angka kecelakaan pelayaran.

Deklarasi komitmen menjaga keselamatan pelayaran yang diikrarkan oleh seluruh stakeholder pelayaran di Palembang antara lain; DISHUB Provinsi Sumatera Selatan, DISHUB Kota Palembang, DISTRIK NAVIGASI (DISNAV) Ditjen Perhubungan Laut Kelas I Palembang, DITPOLAIR Polda Sumsel, Pangkalan TNI AL Palembang, Kantor KSOP Kelas II Palembang, BP2TD Wilayah VII Sumsel-Babel, Kantor Pelayanan Bea Cukai Palembang, Kesehatan Pelabuhan Palembang, Balai Karantina Pertanian Kelas I Palembang, Balai Karantina Ikan Kelas I Palembang, KSK Pelabuhan Boom Baru Palembang, PT.PELINDO II Cabang Palembang, PT.PERTAMINA RU.III Palembang, BASARNAS Palembang, INSA Palembang, PELRA Sumatera Selatan, APTRINDO Sumsel, ALFI/ILFA Sumatera Selatan, APBMI Sumatera Selatan, GAPKINDO Palembang. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta sekitar 3000 orang.

Turut hadir pada kegiatan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran dan Transportasi Pendukung di Pelabuhan Boom Baru, Palembang Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, pejabat otoritas pelabuhan setempat, dan sejumlah unsur terkait.

Penulis : Enjang Sofyan
Foto : Humas Kemenhub

Del Kurniawan
INTRA's Graphic & Web Designer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *