Darat Transportasi

Mengenal Fungsi YBJ

INTRA – Kebanyakan orang tidak tahu fungsi garis kuning di persimpangan jalan. Setiap garis memiliki arti dan konsekuensi hukum bagi pengguna jalan.

Arti garis kuning dan putih di jalan atau yang disebut YBJ (Yellow Box Junction), biasanya rambu lalu lintas yang satu ini hanya ada di kota-kota besar saja seperti Bandung, Jakarta dan kota besar lainnya. YBJ ini biasanya berada di samping jalan dan lucunya meskipun banyak yang sering melihat rambu lalu lintas yang satu ini namun masih banyak yang belum paham fungsi atau arti Yellow Box Junction ini.

Bukan sekedar pemanis jalan, Yellow Box Junction ini berfungsi untuk menghindari supaya lalu lintas di persimpangan jalan tidak terkunci saat kepadatan terjadi. Pada umumnya, jika kondisi dijalan raya pada para pengendara akan menerobos lampu lalu lintas yang berada di perempatan. Pada kondisi seperti itulah YBJ memiliki peran penting yaitu untuk mencegah kendaraan untuk tidak melewati garis.

Dikutip dari situs Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Senin (10/12/2018), YBJ berfungsi untuk mencegah agar arus lalu lintas (lalin) di persimpangan tidak terkunci saat kepadatan terjadi.

Saat arus lalin padat, pengendara cenderung untuk terus menerobos lampu lalu lintas, meski merah. Nah, garis YBJ ini menjadi semacam garis pembatas yang tidak boleh dilintasi oleh pengendara ketika antrean kendaraan di area persimpangan padat.

Pada sisi jalan lain ketika lampu lalu lintas menyala hijau pun, pengguna kendaraan tidak diperbolehkan melewati garis tersebut jika masih ada kepadatan di dalam area YBJ. Mereka baru bisa melanjutkan perjalanan jika YBJ telah kosong, dan tentunya jika warna lampu lalu lintas sudah hijau.

Menurut Pasal 287 ayat (2) juncto Pasal 106 ayat (4) huruf a, b dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, hukuman pidana bagi pelanggar YBJ adalah kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000.

Sama seperti marka dan rambu lainnya, YBJ tentu akan berfungsi maksimal jika ada kesadaran pengguna jalan. Kesadaran itu pula yang menjadi kunci kelancaran arus lalu lintas.

Penulis : Alan
Foto : Istimewa

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *