Panorama Pariwisata

Green Canyon, Keajaiban Alam di Bumi Pasundan

INTRA – Terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, terdapat objek wisata Green Canyon. Keindahan alam pun menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Kabupaten Pangandaran kaya dengan tempat wisata menarik. Selain Pantai Pangandaran yang indah, masih punya obyek wisata yang menakjubkab, yaitu Green Canyon. Warga sekitarnya menyebut sebagai Cukang Taneuh. Nama Green Canyon diberikan oleh seorang turis Perancis tahun 1993 karena melihat airnya jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau tebing.

Penduduk lokal menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Hal ini karena di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan tanah yang digunakan petani setempat untuk menuju kebun mereka.

Untuk mencapai Green Canyon dari dermaga Ciseureuh menempuh perjalanan selama 30-45 menit dengan perahu yang disebut “ketinting”. Ketinting akan membawa wisatawan menyusuri sungai dengan suguhan pemandangan pohon-pohon hijau menjulang di sepanjang tepi sungai. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat beberapa satwa di sekitar sungai. Dan juga bisa menikmati air terjun yang turun dari sisi tebing.

Menguji Adrenalin

Wisata alam ini memberikan pesona alam indah dari tebing, sungai hingga gua. Tidak hanya sekadar menyuguhkan keindahan alam, bahkan wisatawan juga dapat menguji adrenalinnya selama berlibur di Green Canyon ini.

Bagi wisatawan yang suka dengan tantangan, bisa mencoba terjun ke sungai dari batu yang memiliki ketinggian 5 meter. Wisatawan pun akan merasakan sensasi terjun bebas dengan udara yang sejuk, dan masuk ke dalam air yang jernih. Kemudian, lanjutkan dengan body rafting.

Selain menguji nyali dengan terjun dari atas batu, wisatawan juga bisa berenang pada air yang sangat jernih. Ekosistem dan lingkungan yang benar-benar terjaga membuat tempat wisata alam satu ini menyuguhkan ikan-ikan berwarna-warni yang membuat foto underwater menjadi lebih menakjubkan.

Puas berenang di airnya yang jernih, lanjutkan dengan menyusuri guanya yang tak kalah menarik. Stalaktit dan stalagmit yang menghiasi bagian dalam gua menjadikannya benar-benar luar biasa. Pastikan mengabadikan momen di setiap spot-nya karena Green Canyon memiliki keindahan yang benar-benar memesona.

Penulis : Enjang Sofyan
Foto : Istimewa

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *