Owner PT Mandiri Utama Technik Alvian Chalik
Infrastruktur Material

PT. MUT: Melayani Hingga ke Pelosok Negeri

INTRA – PT. Mandiri Utama Technik (MUT) telah mampu memasarkan produk-produk terbaiknya ke berbagai daerah di Tanah Air Indonesia. Menjaga kepercyaan pelanggan merupakan prioritas utama perusahaan tersebut.

Baru tiga tahun berdiri, Perusahaan yang dirintis oleh Alvian Chalik tersebut terbilang maju pesat. Pasalnya, perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan barang-barang industri tersebut telah mampu memenuhi permintaan pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia.

“Alhamdulilah perusahaan ini sudah mampu memenuhi kebutuhan pelanggan hingga ke berbagai pelosok yang ada di Indonesia, misalnya saja Surabaya, Probolinggo, Mojokerto, Sidoarjo, dan masih banyak daerah-daerah lainnya juga. Kemudian tidak hanya di pulau Jawa, di Jakarta produk kami juga telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan kontruksi dan pabrikasi ternama,” ujar owner PT Mandiri Utama Technik, Alvian Chalik, saat ditemui INTRA di Kantornya, LTC Glodok, Jakarta Barat, Rabu (20/2/2019).

PT Mandiri Utama Technik dalam pengembangan bisnisnya memiliki Visi dan Misi yang terstruktur dan kuat, “Visi kami menjadi perusahaan nomor satu di Indonesia yang menyediakan barang-barang industrial. Sedangkan salah satu Misi kami adalah berbagi pengetahuan teknis dengan pelanggan untuk menyamakan persepsi dan mengakomodasi semua kebutuhan pelanggan. Dan yang terpenting adalah kami senentiasa berkembang menjadi solusi dari setiap kebutuhan industri,” ujar Alvian.

Mandiri Utama Technik menyediakan varian produk yang bisa menjadi solusi kebutuhan industri di Indonesia. Seperti hal nya, valve, pipa, alat-alat kelistrikan, plastik, karet, peralatan pemadam kebakaran hingga perlengkapan keselamatannya, “dan dari produk-produk tersebut, kami juga memiliki brand andalan kami yaitu kitz dan onda,” ucap Alvian.

Lebih jauh, Alvian mengatakan, dalam menjalankan perusahaannya ia selalu memberikan yang terbaik kepada para pelanggannya. Tujuannya tak lain karena kepuasan pelanggan merupakan hal utama bagi prinsip bisnisnya. Selain keunggulan produk-produknya, Alvian selaku pemilik perusahaan selalu mengajarkan kepada karyawannya agar memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya.

“Kami memiliki distributor yang jelas dan berbadan hukum yang sah. Kemudian kami juga selalu menjual produk sesuai dengan yang kami tawarkan sebelumnya. Jadi pelanggan tidak akan merasa kecewa terhadap produk-produk kami,” kata Alvian.

From Nothing to Something

Dalam perjalanan perusahaannya, Alvian menceritakan, tidak mudah membangun serta mempertahankan eksistensi bisnisnya tersebut. “Sebelum mendirikan PT Mandiri Utama Technik saya adalah seorang Manager Marketing di perusahaan swasta. Seiring waktu berjalan saya merasa ingin melangkahkan kaki dan mengepakkan sayap lebih tinggi lagi, dan pada akhirnya pada tahun 2016 saya memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan. Tentu bukan hal yang mudah untuk mendirikan sebuah perusahaan yang sah secara hukum, namun karena tekad yang kuat saya pun memberanikan diri untuk memulainya,” ungkap Alvian.

“Kemudian saya mencari informasi ke sana-sini bagaimana cara mendirikan sebuah perusahaan. Kemudian saya bertemu dengan orang-orang yang memang kompeten di bidang tersebut. Akhirnya saya mendapatkan jalan untuk mendirikan perusahaan tersebut, dan atas ijin Allah saya berhasil mendirikan PT Mandiri Utama Technik,” kata Alvian sambil mengenang masa-masa saat pertama kali membangun perusahaannya.

Setelah berhasil mendirikan perusahaan, rintangan pun menghampiri. Lika-liku dalam menahkodai suatu perusahaan tidak lah semudah pada saat menjadi seorang Manager. Tanggung jawab yang besar serta strategi pun harus dipersiapkan dengan matang. “Ada perbedaan ketika saya menjadi seorang pengusaha sekaligus pemilik perusahaan, rasanya lebih harus bekerja keras dan memaksimalkan usaha agar bisnis ini terus berlanjut dan semakin sukses,” ucap Alvian.

Meski begitu, Alvian tetap optimistis dalam menjalankan bisnisnya tersebut. Terlebih lagi ia memiliki sosok-sosok motivator yang kerap memberikan saran dan masukan dalam perjalanan karirnya. “Saya berterima kasih kepada teman-teman, senior-senior pada saat saya menjabat Manager dulu, Pak Widodo supplier produk, istri dan anak tercinta Dian dan Fadlan, serta tak lupa keluarga besar saya yang tak pernah lelah memberi dukungan kepada saya,” ujar nya.

“Dan prinsip hidup saya adalah jangan malu untuk belajar, bertanya, dan harus banyak berbagi informasi dengan orang yang punya pengalaman dengan baik. Dan berani gagal untuk maju,” tutup Alvian

Penulis : Enjang Sofyan
Foto : Enjang/INTRA

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *