Redaksi

Mendorong Pembangunan Transportasi Kereta Api

Membandingkan keunggulan kereta api dengan moda transportasi lainnya, memang mengaggumkan.

Tengok di sisi daya angkut. Sebuah kereta api penumpang untuk satu kali perjalanan, akan setara membawa 30 bus dengan kapasitas 60 seat. Sementara kereta barang, lebih luar biasa. Karena satu kali perjalanan, setara menarik 300 truk dengan muatan masing-masing 10 ton.

Keunggulan lainya adalah jangka waktu perawatan yang lebih panjang, konsumsi energi dan emisi gas buang (CO2) terbilang relatif lebih rendah dibanding moda darat, laut dan udara. Kebutuhan lahan pun tidak seperti jalan tol. Dengan ukuran rel 1.067 mm, hanya butuh ruang bebas 12 meter di kiri dan kanan rel, tak salah bila moda kereta api sepatutnya jadi prioritas.

Tapi mengapa pembangunan perkeretaapian terasa tenggelam di tengah maraknya perkembangan infrastruktur transportasi lainnya; bandara (udara), jalan tol (darat), atau pelabuhan (laut). Satu pertanyaan yang menggugah kami untuk mengangkat judul; “Membangun Kemakmuran Dari Jalur Sepur,” sebagai judul cover pada Edisi V Majalah INTRA.

Dan untuk mengulasnya, kami hadirkan Sekretaris Direktorat Jenderal
(Sesditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Danto Restyawan, Dirut PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Edi Sukmoro, PT LEN (Persero) yang andil dalam sistem persinyalan perkeretaapian, atau PT Reska Multi Usaha (RMU), anak usaha KAI yang hadir dengan sejumlah inovasi layanan kereta api dan komitmennya pada lingkungan. Semua dikemas dengan bahasa lugas dan tuntas.

Artikel menarik lainnya seputar mengukur ideal-nya besaran tarif tol Trans Jawa, yang kami ramu dalam Rubrik Regulasi. Atau mengenal rambu daerah rawan bencana gempa dan tsunami, yang kami sajikan dalam
Rubrik Marka. Termasuk kupasan rencana Direktorat Perkeretaapian
untuk mereaktivasi sejumlah jalur rel demi perkembangan pariwisata.

Kami berharap tema perkeretaapian Indonesia akan menambah referensi sekaligus menuntaskan keingintahuan Anda. Seperti halnya semboyan PT KAI, “Anda Adalah Prioritas Kami,” segenap Redaksi Majalah INTRA mengucapkan selamat menikmati.

Pemimpin Redaksi
Masade

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *