Redaksi

Tahun Baru Semangat Baru

Membangun angkutan udara perintis adalah membangun peradaban bangsa. Demikian kami meyakini. Karena di bawah kepak sayap Twin Otter, Cessna, Beechcraft, atau Grumman berbobot kurang dari enam ton, mereka mengangkasa membuka wilayah terisolir. Menyapa dan menyakinkan saudara sebangsa bahwa mereka berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kehadiran bandara di wilayah terpencil, terluar, dan terdepan memang berpengaruh besar dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah. Karena itu, meraba denyut Direktorat Perhubungan Udara untuk tetap semangat membangun pelayanan angkutan udara perintis, kami jadikan topik pilihan menyapa tahun 2019.

Derap kinerja dalam sektor keperintisan memang cukup membanggakan. Pada tahun 2018 lalu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah melakukan revitalisasi 24 bandara di perbatasan, 59 bandara di daerah rawan bencana, 48 bandara di daerah terisolasi, merehabilitasi runway di 39 bandara, dan merehabilitasi 15 terminal dalam meningkatkan kapasitas.

Tak aneh bila Megahubs International Index 2018 yang dirilis OAG Aviation Worldwide menyebut Indonesia sebagai The Most Internationally Connected Airports. Bahkan International Air Trasport Association (IATA) mendaulat sebagai negara dengan bandara paling terkoneksi di tahun 2018 se-Asia Pasifik, diantara Jepang dan China. Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Pada edisi ke IV di awal tahun baru, sebuah warna baru juga kami hadirkan dalam Rubik INTRA Bincang. Berisi obrolan santai para profesional di pelbagai bidang. Memotret sisi humanism dan menempatkannya sebagai manusia tangguh dalam andil memutar roda pembangunan.

Tak kalah menarik, kami hadirkan Kepala Bandara Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono dalam Rubrik INTRA Utama. Kegembiraan warga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, kami sajikan dengan bahasa lugas dan renyah di baca. Begitu pun Rubrik Komunitas yang menghadirkan Estrella Owner Indonesia (EOI), sebuah komunitas classic bike yang sarat dengan kegiatan sosial masyarakat.

Akhir kata, semoga pesta demokrasi di tahun politik dapat kita lalui dengan tetap optimis, aman, dan hati gembira. Selamat Tahun Baru 2019. Selamat membaca.


Pemimpin Redaksi
Masade

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *