Hotel Pariwisata

The Jayakarta SP Jakarta, Hotel Tertinggi Pertama di Indonesia

INTRA – The Jayakarta SP Jakarta pernah meraih predikat hotel tertinggi pertama di Jakarta, Indonesia pada era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin. Meski kini label tersebut sudah tak melekat seperti dulu, Hotel Jayakarta masih tetap eksis.

Berdiri sejak 1972 Hotel The Jayakarta SP Jakarta masih menjadi idola para wisatawan. Meski usia nya yang tak muda lagi, hotel yang terletak di kawasan Jakarta Barat itu masih diminati banyak orang. Fasilitas yang mumpuni menjadi salah satu alasan tempat penginapan ini masih digandrungi para pengunjung.

Hotel ini memiliki letak yang strategis di pusat perbelanjaan Glodok dan kawasan perniagaan. Sehingga memudahkan para tamu yang ingin sekalian berbelanja. Dilengkapi dengan 333 kamar menjadikan hotel ini dapat menampung banyak tamu. Dari kamar-kamar tersebut tersedia dalam berbagai tipe di antaranya Standar, Deluxe, Bisnis, Executive Deluxe, Family, Premier Jayakarta, hingga Presiden Suite. Setiap kamar dilengkapi dengan telpon IDD, Minibar, LCD TV, Tea and coffe maker.

“The Jayakarta SP memiliki restoran Betawi Cafe yang menjadi ciri khas kami. Berkapasitas 80 tempat duduk membuat nyaman para tamu ketika makan di restarurant tersebut. Menu andalan kami yakni sop buntut dan nasi goreng Jayakarta. Selain resto, kami juga ada Bar dengan entertainment coffe corner yang terletak di area lobi hotel,” kata Sales and Marketing Manager Jayakarta Hotel, Ninuk Tri Andrini, saat ditemui oleh INTRA, di Kantor Jayakarta Hotel, Jakarta Barat.

Seperti hotel-hotel lainnya, The Jayakarta SP juga memiliki ruang meeting. Ruang meeting ini tersedia di ball room dengan kapasitas 10 sampai 600 orang. Sedangkan fasilitas pendukung lainnya ada kolam renang, fitness dan spa, masjid, klinik/dokter, tempat parkir/valet dan business center.

Keramahtamahan yang Utama

Lebih jauh, Ninuk menjelaskan, memang saat ini Hotel The Jayakarta sudah banyak pesaingnya. Misalnya saja banyak hotel-hotel baru yang berada di sekitar Jakarta Barat, “meski begitu, kami tetap optimis agar bisa survive, dan memberikan pelayanan terbaik terhadap para pengunjung,” tegas wanita yang sudah berkarir belasan tahun tersebut. Selain itu, Hotel ini dapat survive, juga karena pelayanan yang diberikan oleh para pegawainya. Keramahtamahan para pegawai pun kerap membuat tamu terkesan.

“Kami punya motto “well located and friendly hotels” yang berarti kami berada di lokasi yang baik dan pelayanan yang ramah,”. Oleh karenanya, Ninuk melanjutkan, hotel ini masih laris didatangi oleh para pengunjung, “karena kuncinya kami selalu berikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu kita,” tuturnya.

The Jayakarta SP Jakarta, Ninuk menegaskan kembali, berbeda dengan hotel-hotel lainnya. Hotel ini benar-benar memberikan keramahan yang luar biasa ke setiap tamu. “Bahkan ketika ada tamu repeater (tamu yang pernah menginap) kami selalu menyebutkan namanya. Tujuannya agar tamu tersebut merasa terhormat dan merasa nyaman seperti di rumah sendiri,” kata Dia.

Ninuk juga mengatakan, meski saat ini Hotel The Jayakarta SP Jakarta memiliki banyak kompetitor, namun Ia tetap optimis bisa bersaing. Ia akan terus berusaha untuk bisa memanjakan setiap tamu yang berkunjung. “Karena kita yakin dengan berjuang sebaik-baiknya maka akan ada hasil yang baik,” pungkasnya.

Penulis : Enjang Sofyan
Foto : Istimewa

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *