Laut Transportasi

Kemenhub RI Kembali Gelar Mudik Gratis Via Kapal Laut

INTRA – Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 masih beberapa bulan lagi, meski begitu Pemerintah saat ini telah melakukan persiapan untuk memastikan penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun 2019 dapat berjalan baik dan lancar.

Oleh karenanya, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) kembali menyediakan mudik gratis untuk para pemotor dengan menggunakan kapal laut dengan rute Jakarta-Semarang.

“Kami sampaikan pada masyarakat terkait mudik gratis menggunakan kapal laut sudah bisa dimulai pendaftaran online pada 1 April hingga 29 Mei 2018. Verifikasi dan pendaftaran langsung 1 Mei hingga 29 Mei 2019,” kata Kasubdit Angkutan Khusus dan Usaha Terkait Jasa Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Hubla, Tri Puji Ananta, di Kantor Kemenhub RI, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Untuk pendaftarannya, calon peserta mudik gratis bisa dilakukan lewat http://mudikgratis.dephub.go.id. Sementara itu, pendaftaran langsung dapat dilakukan di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang akan dibuka awal Mei 2019.

Tri juga menambahkan, bahwa kapal mudik gratis ini akan berlayar dari Tanjung Priok menuju Tanjung Emas, Semarang. Kapal yang dipakai bisa menampung ribuan motor dan penumpang. “Ini akan diselenggarakan dengan 1 unit kapal dengan kapasitas penumpang 2.000 dan motor 1.000 sepeda motor,” ujar nya.

Kapal akan mengangkut sebanyak dua kali saat mulai mudik dan dua kali saat kembali dari mudik. Total akan mengangkut 4.000 motor dan 8.000 penumpang.

“Tanggal 31 (Mei-red) berangkat ke Semarang, tanggal 1 (Juni-red) berangkat lagi ke Tanjung Priok. Dan minggu tanggal 2 (Juni-red) berangkat lagi, untuk arus balik 8 Juni dari Tanjung Emas menuju Tanjung Priok, kemudian tanggal 10-11 Juni di Tanjung Priok,” Tri memaparkan.

“Mudik gratis ini juga salah satu tujuannya untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas di jalan raya dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya pengendara motor pada jalur Pantura,” imbuh Tri.

Diketahui, mudik gratis menggunakan kapal laut pernah diselenggarakan oleh Kemenhub RI pada tahun lalu. Saat itu, sekali pemberangkatan dari Tanjung Priok, ada sekitar 700 sepeda motor dan sekitar 1.300 penumpang yang mudik menggunakan kapal.

Penulis : Enjang Sofyan
Foto : Istimewa

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *