Arsitektur Infrastruktur

Megahnya Stadion Papua Bangkit

INTRA – Meski Papua selalu diidentikan dengan kata ‘tertinggal’ namun siapa sangka Papua saat ini justru membangun Stadion megah yang digadang-gadang akan mengalahkan Gelora Bung Karno (GBK). Jika saat ini GBK saja sudah tampak megah dan mewah, maka bisa dibayangkan akan segagah apa Stadion Papua Bangkit ini.

Stadion yang dibangun di Kota Jayapura ini memiliki luas sekitar 71.697 meter persegi dengan luas lahan 13 hektar. Proyek yang menghabiskan dana senilai 1,3 triliun ini nantinya mampu menampung sekitar 40.000 penonton dan dilengkapi dengan berbagai venue olahraga.

Pembangunan Stadion Utama Papua Bangkit di Kabupaten Jayapura telah mendekati selesai dengan progres yang sudah mencapai 91 persen. Stadion megah pertama di Papua ini ternyata punya keunggulan yang tidak dimiliki oleh stadion lain di Indonesia bahkan diklaim dilengkapi teknologi lebih bagus dari GBK. Hal ini diungkapkan Site Engineering Manager PT PP Tbk, Dolly Abu Zain.

Dolly menjelaskan, pembangunan Stadion Papua Bangkit yang melibatkan kurang lebih 900 pekerja ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Stadion lain di Indonesia. Mulai dari lampu LED Stadion, track sintetik lintasan atletik hingga timing system (papan skor).

“Kalau jenis lampu LED-nya ini jenis paling baru dan lebih bagus dari milik Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan baru pertama kali digunakan di Indonesia. Kalau cahaya lampunya menyorot tidak kelihatan bayangan,” jelasnya.

Dolly menjelaskan track sintetis yang nantinya akan digunakan pada lintasan atletik berstandar IAAF (asosiasi federasi atletik internasional) kelas 1, rumput yang bagus dengan jenis Zoysia Matrella dan akses kontrol yang juga lebih bagus. “Timing system yang kita pasang juga bisa dipakai untuk even sekelas olimpiade. Kalau kelasnya GBK kan masih untuk Asian Games,” tandasnya.

Stadion Papua Bangkit yang berkapasitas 45.000 – 48.000 penonton ini akan menjadi stadion termegah pertama di kawasan Indonesia Timur. Lokasinya bahkan akan dibangun sejumlah venue lain seperti Istora, arena aquatik dan juga lapangan pemanasan yang sudah lebih dulu selesai.

Rencananya Stadion Papua Bangkit ini akan rampung dibangun pada tahun 2019. Selanjutnya akan digunakan sebagai arena penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang.

Penulis : Alan
Foto : Istimewa

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *