Transportasi Udara

Garbarata Karya Anak Bangsa yang Mendunia

INTRA – Garbarata adalah produk asli anak bangsa yang diminati pasar Asia. Hal tersebut tentu merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Saat ini sudah banyak bandara di Asia yang menggunakan garbarata produk Bukaka.

Setidaknya ada puluhan negara yang sudah menggunakan Garbarata tersebut. Misalnya saja Jepang, Brunei, Bangladesh, China, Hongkong, India, Malaysia, Myanmar, Philipina, Thailand dan Laos.

Direktur Utama Bukaka, Irsal Kamarudin, mengatakan selain diekspor ke luar negeri, Garbarata juga tidak memiliki lawan di pasar domestik. Tak ayal, boarding bridge menjadi salah satu andalan PT Bukaka dalam mengembangkan bisnisnya.

“Kalau di dalam negeri lebih ke kewajiban kita kan ya. Karena tidak ada pesaing, sehingga harus memenuhi permintaan Angkasa Pura dan (Kementerian) Perhubungan,” kata Irsal Kamarudin pada saat G peringatan 40 tahun Bukaka di komplek Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Hanya saja, Irsal tak merinci besaran penjualan boarding bridge karya Bukaka pada secara keseluruhan. Meski begitu, dia menyebut bahwa akhir-akhir ini pihaknya masih mengerjakan produksi untuk ditempatkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Kalau dalam negeri kemarin di Terminal 3, kita dapat pesanan, juga tambahan untuk terminal 2. Belum lagi dari bandara di luar Jawa seperti Banjarmasin dan Lampung,” imbuhnya. Sejauh ini, Bukaka telah mampu memproduksi dua tipe boarding bridge, yakni tunnel glass dan tunnel steel.

Selain menempatkan produknya di bandara, Bukaka telah mampu memproduksi dua tipe boarding bridge, yakni tunnel glass dan tunnel steel. Selain menempatkan produknya di bandara, Bukaka pernah melayani permintaan garbarata di pelabuhan.

Berdasarkan data yang dicantumkan pada website perusahaan, sepanjang tahun 2013, Bukaka merampungkan produksi boarding bridge sebanyak 566 unit. Dari jumlah itu, 402 unit di antaranya dipesan oleh Jepang, Thailand, Hong Kong, Cina, India, Malaysia, Chile, Bangladesh, Myanmar, Brunei, dan Singapura.

Perkuat Ekspor Garbarata

PT Bukaka pada tahun 2019 akan memperkuat ekspor garbarata. Selain itu, perusahaan juga akan menggarap peluang untuk menyuplai garbarata di beberapa bandara domestik.

Irsal menyampaikan beberapa proyek garbarata untuk domestik masih ada, namun secara umum terbesar masih untuk keperluan ekspor. Sejauh ini, demand terbesar masih datang dari Jepang.

“Terbesar masih ekspor, boarding bridge untuk Jepang yang terbanyak. InsyaAllah ada juga Thailand karena kami sudah mulai ikut tender,” ujarnya.

Selain itu, demand dari India juga masih cukup baik, perusahaan mendapat pesanan 60 unit garbarata untuk pasar India setelah sebelumnya sudah mengekspor lebih dari 130 unit.

Selain itu, pasar Filipina juga masih dilirik perusahaan. Dirinya belum memberikan target pendapatan tahun depan, namun dari sisi kontrak ia memproyeksikan capaiannya sama dengan tahun ini sebesar Rp 7 triliun. Dengan perluas pasar ekspor untuk garbarata, diharapkan kontribusnya juga akan meningkat pada tahun depan.

Penulis : Enjang Sofyan
Foto : Istimewa

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *