Komunitas Pariwisata

Estrella Owners Indonesia Retro Classic Bike

INTRA – Sekumpulan orang menamakan diri ‘Estrella Owners Indonesia’. Sebuah komunitas motor retro klasik. Bakti sosial menjadi salah satu misi kemanusiaan. Rasa peduli terhadap sesama memang tumbuh secara alami.

Komunitas Motor Klasik Estrella Owners Indonesia (EOI) terbentuk pada tahun 2015. Memiliki hobi dan kecintaan terhadap motor klasik menjadi alasan utama terbentuknya komunitas ini.

Sejak awal berdirinya komunitas ini, setidaknya ada sekitar 97 anggota yang aktif. Mulai dari pejabat hingga dengan karyawan perusahaan swasta aktif di komunitas tersebut. Rentan usia mereka dari 22 sampai 61 tahun.

Para anggota juga bukan hanya berasal dari Ibu Kota Jakarta, melainkan Bandung, Yogyakarta, Bali, Kalimantan dan masih banyak dari luar Jawa lainnya. Diungkapkan langsung oleh Kepala Divisi Humas Komunitas EOI, Indra Permana, bahwa kumpulan komunitas retro bike ini sangat istimewa. Sebab, di Indonesia motor estrella sendiri sangat limited edition, “hanya ada sekitar 300 unit,” ujar Indra saat dihubungi INTRA.

“Selain di Indonesia, motor estrella juga banyak digunakan di Negara aslinya yaitu Jepang. Sedangkan selain Asia, juga diminati di Eropa. Hanya saja di Eropa motornya kisaran tahun 2004 dan 2006 dengan mesin yang masih menggunakan karburator. Berbeda dengan yang di kami (Indonesia) sudah Injeksi, sehingga lebih irit. Selain itu motor estrella ini juga perawatannya mudah,” papar Indra.

Bakti Sosial

Komunitas EOI memiliki beberapa agenda. Di antaranya, kopdar dan bakti sosial. Kopdar dilakukan untuk sekedar berbagi informasi terkait motor estrella. Kopdar juga biasanya membahas seputar bisnis, kerjaan dan hal-hal yang lainnya. Selain kopdar, Komunitas EOI ini juga kerap mengadakan bakti sosial. Akhir-akhir ini EOI melaksanakan bakti sosial ke Lombok, pasca diterjang gempa bumi.

“Kita ke Lombok tanggal 16-20 November untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa bumi. Diikuti 24 motor Estrella dari berbagai kota. Tujuan kita ke Desa Sembalun, di sekitar kaki gunung Rinjani. Kita melihat daerah itu salah satu yang cukup parah terkena dampak gempa. Kita memberikan bantuan berupa uang dan bahan material untuk membangun salah satu masjid di sana,” tutur Indra.

Bakti sosial bukan kali pertama dilakukan, Indra melanjutkan, sudah sering hal serupa diadakan. Tujuannya agar selain hobi yang tersalurkan melalui komunitas motor klasik ini, juga ada hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat banyak. Salah satunya bakti sosial di Lombok yang menyisakan banyak kenangan. Indra dan kawan-kawannya berharap, Lombok dapat segera bangkit dan maju kembali.

Lebih jauh, Indra mengatakan, di awal 2019 nanti segenap anggotanya akan mengadakan Rakernas, “untuk mereview yang selama ini telah dilakukan EOI,” ujar dia. Dan rencananya juga pada tahun 2020 nanti EOI ulang tahun yang ke-5 akan mengadakan event serta mengundang komunitas lain untuk turut memeriahkan hari lahirnya kumpulan motor klasik retro itu. Untuk mengetahui lebih dalam komunitas EOI bisa mengunjungi Instagram resminya di @estrellaownersindonesia (Estrella Owners Indonesia).

Penulis : Enjang Sofyan
Foto: Instagram / @estrellaownersindonesia

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *