Darat Transportasi

Kemenhub Bersama Aptrindo Gelar Deklarasi Pengemudi Truk Pelopor Keselamatan

INTRA – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI bersama Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) menggelar acara Deklarasi Pengemudi Truk Sebagai Pelopor Keselamatan, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (17/3/2019). Acara tersebut digelar salah satunya dilatarbelakangi oleh tingginya angka kecelakaan di jalan raya.

“Dimana 2 atau 3 orang meninggal perjam atau sekitar 26.000 – 29.000 jiwa meninggal per tahun karena kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sehingga menimbulkan kerugian cukup besar baik moril maupun materil dan mengakibatkan kemiskinan baru. 70% kecelakaan di jalan tol juga melibatkan Truk (50 kejadian perharinya), tingkat fatalitas kecelakaan yang tinggi diakibatkan oleh rem blong, dan lebih dari 75% Pelanggaran overloading terdapat di jembatan timbang” ujar Waketum Aptrindo, Kyatmaja Lookman kepada INTRA, Minggu (17/3/2019).

Untuk itu, Kyatmaja melanjutkan, Aptrindo memandang perlu adanya gerakan yang dapat membangkitkan kesadaran terhadap pentingnya keselamatan dalam berkendara dijalan khususnya pengemudi truk angkutan barang.

“Gerakan ini pernah kami adakan sebelumnya pada bulan Maret 2017 melibatkan stakeholder dan pengusaha, untuk memaksimalkan komitmen atas keselamatan ini maka kami anggap perlu untuk melakukan lagi di Maret 2019 dengan melibatkan stakeholder, pengusaha dan pengemudi dengan mengundang Presiden RI Bapak Joko Widodo dan Menteri Perhubungan RI Bapak Budi Karya Sumadi,” tambah dia.

Adapun maksud dan tujuan acara ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengemudi yang memiliki kompetensi yang berstandar Nasional maupun Internasional, “dan juga meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran angkutan barang dengan kendaraan berstandar internasional, muatan standar, sehingga menghilangkan overdimensi dan overload,” tutur dia.

Acara deklarasi ini melibatkan sekitar 10.000 supir truk di seluruh Indonesia. Hadir para pejabat Presiden RI Jokowi, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub Budi Setiyadi, Korlantas Polri, pengurus dan anggota Aptrindo serta ribuan pengemudi dibawah naungan Aptrindo khususnya di wilayah Jabodetabek.

Sementara itu di lokasi yang sama, Dirjen Hubdat Budi Setiyadi mengatakan, acara ini digelar atas keresahan pemerintah khususnya Kemenhub terkait masih tingginya angka kecelakaan truk di jalan.

“Jadi intinya asalah keprihatinan kita banyaknya kendaraan kendaraan truk yang menjadi korban maupun sebagai korban penyebab kecelakaan lalu lintas,” kata Budi.

Budi menuturkan, sekitar 10 ribu pengemudi serta pengusaha truk diundang dalam acara ini. Kemenhub ingin memperkuat persepsi para pengemudi truk tentang betapa pentingnya keselamatan saat berkendara. “Supaya mereka dalam berkendara itu harus inget bahwa keselamatan yang diutamakan dan diprioritaskan,” ujar Budi.

Budi juga berharap dengan diberlangsungkannya acara ini pengemudi maupun pengusaha truk bisa menerapkan standar mengemudi yang aman. Terutama, imbuh Budi, adalah permasalahan over dimension-over load (ODOL) atau muatan berlebih yang hingga kini masih menjadi permasalahan besar terkait operasional truk.

“Bersama Aprindo kita untuk semakin mengembalikan truk untuk tidak ODOL, maupun semangatnya untuk membangun keselamatan baik kepada operatornya maupun pengemudinya terutama,” pungkasnya dengan penuh optimisme.

Penulis : Enjang Sofyan
Foto : Enjang /INTRA

Enjang Sofyan
Editor Majalah INTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *