Transportasi Udara

Selamat Bertugas Dirjen Pehubungan Udara

INTRA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menunjuk Polana Banguningsih Pramesti sebagai Dirjen Perhubungan Udara yang baru. Harapan peningkatan pelayanan transportasi udara ada dipundaknya.

Bertempat di Kantor Kementerian Perhubungan RI, 12 Novemner lalu, pelantikan Polana B Pramesti sebagai pucuk pimpinan di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara resmi dilakukan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Ana akrab ia disapa menggantikan Mohamad Pramintohadi Sukarno yang sebelumnya didaulat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Udara dan Sekjen Ditjen Perhubungan Udara.  Pramintohadi sendiri kini menduduki posisi sebagai Direktur Bandar Udara.

Sedangkan Sekjen Ditjen Perhubungan Udara kini dijabat Nur Isnin Istiartono menggantikan Pramintohadi. Termasuk Direktur Keamanan Penerbangan yang dijabat oleh Dadun Kohar. Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara (Hubla) sebelumnya dijabat Agus Santoso yang telah memasuki masa pensiun sejak Agustus 2018 lalu.

Penunjukan Polana sebagai Dirjen Perhubungan Udara, pasca dua minggu musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di perairan Kerawang, Jawa Barat mencuatkan spekualasi bahwa Kemenhub tengah membenahi pejabat yang dinilai kurang cakap. Namun anggapan itu hanya lah spekulasi belaka.

Karena sebenarnya pergantian jabatan di lingkungan Direktorat Perhubungan Udara karena sebuah keharusan. Pasalnya Dirjen Hubla saat itu, Agus Santoso memang sudah memasuki masa pensiun sejak 27 Juli 2018 lalu.

Sosok Polana

Sebagai Dirjen Hubla yang baru,  tanggungjawab Polana tidak ringan. Namun menengok latar belakang rintangan bukan mustahil dapat dilalui. Polana alumnus Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Bandung (ITB), yang sejak tahun 1987 sudah menggeluti dunia kebandarudaraan.

Karirnya di lingkungan Kementerian Perhubungan RI diawali sebagai kepala seksi pada Direktorat Bandar Udara pada 2007-2013. Kiprahnya yang cemerlang mengantarkan ia menjadi Wakil Direktur pada Direktorat Bandar Udara tahun 2013 – 2018. Polana bahkan sempat menduduki posisi sebagai Direktur Teknik pada PT Angkasa Pura I (Persero) pada medio Pebruari-Mei 2018.  Termasuk sebagai Direktur Navigasi Udara pada Juni 2018. 

Sosok yang menempuh pendidikan di Singapura mengambil Post Graduation Diplome in Aerodrome Engineering, Singapore Aviation Academy tahun 1996, dikenal memiliki semangat dan konsistensi dalam bekerja.

Sosok Polana demikian fokus pada bekerja, terutama dalam memenuhi layanan dengan sarana dan prasarana yang sesuai. Ia berkisah saat bertugas di Angkasa Pura I, ketika mengerjakan pembangunan tiga bandara besar (Bali, Balikpapan, dan Surabaya Terminal 2).

Padahal di waktu bersamaan, ia tengah aktif mengerjakan 10 proyek besar lainnya. Seperti pembangunan Bandara Jogja Baru di Kulon Progo, Banjarmasin, Semarang, Makasar, Surabaya, Solo, Bali, Lombok, Menado, Kupang dan Ambon. Dan semua mampu dituntaskan dengan memuaskan, “Kita tetap fokus menuntaskan semua,” ungkapnya.

Baginya, memenuhi standar keselamatan, keamanan, dan pelayanan di seluruh bandara menjadi mutlak dilakukan, “Kita berupaya memenuhi kapasitas bandara sesuai permintaan lalu lintas penerbangan. Terutama dalam mengantisipasi perkembangan kebutuhan sarana dan prasarana hingga 10 tahun ke depan,” terangnya.

Ia menilai membangun transportasi nasional dibutuhkan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Baik operator, teknisi maupun sisi regulatornya. Karena itu rangkaian pelatihan dan capacity building dalam meningkatan kompetensi SDM adalah mutlak, “Kami fokus pada peningkatan level of services dan customer satisfaction index sebagai barometer keberhasilan, baik nasional maupun internasional,” terang dia. Perempuan hebat dengan prestasi cemerlang ini telah mengantar AP I meraih sejumlah penghargaan internasional. Satu diantaranya; The Airport Service Quality (ASQ) Awards 2016, dimana tiga bandara yang dikelola AP I masuk peringkat 10 besar dunia. Tetap harumkan Indonesia, Ibu. Selamat bekerja.

Penulis: Masade
Foto : Masade

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *