Foto: Raja Ampat, Papua Sumber: Ist
Pariwisata Travel

Pesona Surga Bawah Laut di Raja Ampat

INTRA – Aneka warna terumbu karang dengan aneka jenis ikan, menghiasi bawah laut Raja Ampat, Papua. Surga bawah laut di ujung Timur Indonesia.

Sebagian orang menyebut Raja Ampat yang terletak di Papua Barat ini dengan julukan surga wisata. Wisata Raja Ampat dapat dinobatkan sebagai wisata alam bawah laut paling mempesona yang dimiliki oleh Indonesia.

Di antaranya objek wisata diving (penyelaman bawah laut) dan snorkeling di Raja Ampat akan menunjukkan keindahan alam bawah laut yang begitu memesona. Dengan berbagai jenis spesies ikan serta terumbu-terumbu karang yang hidup natural menambah keindahan tersendiri bagi wisatawan.

Diving di Raja Ampat akan menunjukkan kepada para wisatawan berbagai aneka spesies ikan yang bahkan belum pernah diketahui sebelumnya. Sebab 75 % spesies ikan dunia berada di Raja Ampat.

Setidaknya paling sedikit terdapat 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 hewan tak bertulang belakang yang dapat ditemukan di alam bawah laut Raja Ampat. Untuk wisatawan yang diving, akan ditemani oleh ahlinya dan menggunakan peralatan menyelam yang lengkap.

Jika sebelumnya wisatawan pernah melakukan diving di pantai-pantai lain, maka akan begitu takjub terhadap keindahan bawah laut Raja Ampat Papua. Terumbu karang yang hidup menjadi tempat sumber makanan ribuan spesies ikan dan satwa laut lainnya. Ekosistem yang sangat natural dan demikian memesona ini juga yang membuat Raja Ampat dijuluki sebagai Amazon Lautan Dunia.

Sarana Dan Prasarana

Untuk mencapai Raja Ampat ini, pengunjung harus menginjakkan kaki di kota Sorong terlebih dahulu. Biasanya para wisatawan banyak menggunakan penerbangan untuk sampai ke kota ini. Setelah sampai kota Sorong, dapat menggunakan sejenis kapal cepat yang biasa berlayar dua kali sehari menuju Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat. Perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 2-3 jam saja dari pelabuhan Sorong, hingga sampai di pelabuhan Waisai Raja Ampat.

Selain itu ada banyak alternatif transportasi yang dapat menjadi pilihan wisatawan. Meski demikian, harus diketahui jika Raja Ampat adalah kabupaten di Papua Barat dengan wilayah kepulauan. Empat pulau besar di Kabupaten Raja Ampat adalah Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Berikut ini panduan transportasi untuk sampai ke Waisai, Raja Ampat dengan skenario lewat Jakarta. Pertama, rute Penerbangan ke Sorong dari Jakarta. Ada lima maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan Jakarta-Sorong, yaitu Sriwijaya Air, Nam Air, Express Air, Lion Air, dan Garuda Indonesia. Harga tiket ke Sorong fluktuatif atau tidak stabil. Kedua, dari Bandara ke Pelabuhan Sorong. Sampailah di Bandara Domine Eduard Osok di Sorong. Dari sini perjalanan harus dilanjutkan dengan perjalanan laut. Untuk menuju pelabuhan Sorong dari bandara ada beberapa alternatif. Pertama menyewa mobil, naik ojek, atau naik angkutan umum. Jarak dari bandara ke pelabuhan sekitar 10 menit.

Reporter : Enjang Sofyan
Foto : Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *