Opini

Pentingnya Kesadaran Pada Keselamatan

Suroyo Alimoeso (Pemimpin Umum INTRA)

INTRA – ‘Tumrape wong linuwih tansah ngudi keslametaning liyan, metu saka atine dhewe’ Demikian filosofi orang Jawa. Selalu berusaha menjaga keselamatan untuk sesama yang keluar dari niat suci. Begitu juga tentang pentingnya keselamatan bertransportasi. Baik di darat, laut, maupun udara. Karena keselamatan adalah sebuah keniscayaan.

Membutuhkan keselamatan bertransportasi sesungguhnya upaya membangun persepsi ditengah masyarakat tentang pentingnya menjaga keselamatan untuk dirinya sendiri, orang lain dan masyarakat sekitar.

Selama ini masyarakat acap kali tak perduli tentang keselamatan bertransportasi. Padahal keselamatan tersebut bukan hanya soal dirinya melainkan untuk orang-orang yang dicintainya.

Kita mengapresiasi langkah pemerintah dalam mensosialisasikan pentingnya keselamatan dalam pelayanan rakyat.

Bantuan pemerintah berupa pelampung (life jacket) yang kerap diberikan kepada masyarakat pemilik kapal, pemberian pelatihan seputar keselamatan berlayar juga patut diapresiasi. Namun sesungguhnya untuk mewujidkan keselamatan perlayaran juga diperlukan support dari lapisan masyarakat.

Berkaca pada insiden maut tenggelamnya kapal motor Sinar Bangun pada pertengahan Juni lalu, tentu tudak ingin hal serupa terulang. Karenanya, selain peran pemerintah juga masyarakat sangat penting menumbuhkan rasa kepedulian terhadap aspek keselamatan transportasi tersebut.

Untuk menyadarkan masyarakat soal pentingnya keselamatan memang tak mudah. Namun bukan mustahil dapat dilakukan. Kuncinya adalah jangan merasa lelah untuk terus mengingatkan masyarakat, bahwa keselamatan adalah harga mati dan tidak bisa ditawar lagi.

Jika kesadaran masyarakat tentang keselamatan bertransportasi sudah tumbuh dan terbentuk maka perlahan angka kecelakaan pun akan menurun. Karena dengan terbentuknya kesadaran tersebut, masyarakat akan lebih prudent (waspada) terhadap keselamatan dirinya sendiri.

Semoga berncana kecelakaan di laut dapat kita tekan. Karena kehilanggan satu nyawa sudah menggerus banyak duka yang harus dipikul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *