Infrastruktur

Pembangunan Proyek Pelabuhan Patimban

JAKARTA (INTRAMAGAZINE.ID) – Realisasi pembangunan Pelabuhan Patimban kian pasti setelah kontrak konsultan supervise disepakati. Proyek Indonesia dan Jepang ini diharapkan dapat rampung tahun depan.

Penandatanganan kontrak paket 8 pembagunan antara PPK Konsultan Pembangunan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, Andilas Putra Asmara bersama perwakilan perusahaan konsultan Joint Venture Yasunori Hasegawa asal Jepang, dikantor Kementerian Perhubungan RI, pada 12 November lalu membuka babak baru dirampungkannya Proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban.

Penandatangan kerjasama yang disaksikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo beserta para direktur di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut, sebagaiwujud dalam merealisasikan proyek strategis dan penting dalam mendorong perekonomian bangsa dimasa mendatang.

Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) R Agus H Purnomo mengungkapkan keseriusan nya dalam menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Patimbanini. “Kita berharap kedepan Pelabuhan Patimban akan meningkatkan daya saing logistik nasional,” kata Dirjen Agus.

Agus juga juga berharap para perusahaan anggota konsorsium konsultan agar penanda tanganan kontrak ini dapat memperlancar proyek pembangunan Pelabuhan Patimban secara keseluruhan. Selain itu, Dirjen Agus juga berharap agar pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Patimban memperhatikan berbagairegulasi, kualitas, dan requirement atau kebutuhan masyarakat secara umum,

“Pemerintah sangatserius dan memperhatikan agar pembangunan Pelabuhan Patimban berjalan sesuai jadwal dengan kualitas yang telah disepakati bersama,” terang dia.

Lebih lanjut dia berharap, kehadiran Pelabuhan Patimban bisa mendongkrak perekonomian Kabupaten Subang khususnya dan Provinsi Jabar umumnya, termasuk penyerapan kerja yang naik signifikan.

Untuk lokasi pembangunan Pelabuhan Patimban yang telah ditetapkan tersebut meliputi wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Subang, yakni Desa Patimban, Desa Kalentambo, Desa Gempol, Desa Pusakaratu, dan Desa Kotasari di Kecamatan Pusakanagara serta Desa Pusakajaya di Kecamatan Pusakajaya.

Adapun Paket pembangunan Pelabuhan Patimban yang ditandangani merupakan paket jasakonsultansi supervise dan desain pembangunan fasilitas pelabuhan untuk proyek Pembangunan Patimban Tahap I.

Sedangkan perusahaan konsultan Joint Venture terdiridari 3 (tiga) perusahaan Jepang masing-masing adalah Oriental Consultan Global Co. Ltd., Ides Inc., dan Nippon Koei Co. Ltd., bekerjasama dengan 3 (tiga) perusahaan konsultan Indonesia yaitu PT. Raya Konsult, PT. Rayasurverindo Tirtasarana, dan PT Indra Karya (Persero).

Reporter : Alan
Editor : Masade
Foto : Alan

One Reply to “Pembangunan Proyek Pelabuhan Patimban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *